Bimtek / Diklat Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa

Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) merupakan kegiatan penting dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai pemerintahan. Dalam konteks ini, Bimtek atau Diklat yang berkaitan dengan peningkatan kinerja dan tugas-tugas Camat/Lurah/Kepala Desa serta Sekretaris Desa memiliki peran krusial dalam mengembangkan kemampuan mereka untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka secara efektif dan efisien. Artikel ini akan membahas pentingnya Bimtek/Diklat dalam peningkatan kinerja serta menjelaskan tugas-tugas utama yang harus dilakukan oleh Camat/Lurah/Kepala Desa dan Sekretaris Desa.

Peningkatan Kinerja Melalui Bimtek/Diklat

Bimtek/Diklat merupakan suatu upaya yang sistematis untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pegawai pemerintahan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Dalam konteks ini, Bimtek/Diklat untuk Camat/Lurah/Kepala Desa dan Sekretaris Desa sangat penting guna meningkatkan kinerja mereka dalam mengelola pemerintahan di tingkat desa atau kelurahan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Bimtek/Diklat diperlukan:

  1. Pemahaman tugas dan peran: Melalui Bimtek/Diklat, para Camat/Lurah/Kepala Desa dan Sekretaris Desa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang tugas dan peran mereka dalam mengelola pemerintahan di tingkat desa atau kelurahan. Mereka akan belajar mengenai aturan, regulasi, dan kebijakan yang berlaku serta cara melaksanakan tugas-tugas mereka dengan baik.
  2. Peningkatan pengetahuan: Bimtek/Diklat memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memperoleh pengetahuan baru yang relevan dengan bidang tugas mereka. Hal ini meliputi pengetahuan tentang tata kelola pemerintahan, manajemen keuangan, perencanaan pembangunan, pengelolaan sumber daya manusia, dan aspek hukum yang terkait dengan tugas mereka.
  3. Pengembangan keterampilan: Bimtek/Diklat juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan tugas-tugas administratif dan manajerial. Peserta akan dilatih dalam berbagai aspek seperti kepemimpinan, komunikasi efektif, negosiasi, manajemen waktu, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.
  4. Peningkatan efisiensi dan efektivitas: Dengan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang tepat melalui Bimtek/Diklat, Camat/Lurah/Kepala Desa dan Sekretaris Desa akan menjadi lebih efisien dan efektif dalam melaksanakan tugas-tugas mereka. Mereka akan dapat mengelola sumber daya dengan baik, mengambil keputusan yang tepat, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat.

Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa

  1. Pengelolaan administrasi: Camat/Lurah/Kepala Desa bertanggung jawab dalam mengelola administrasi pemerintahan di wilayahnya. Mereka harus memastikan pelaksanaan tugas-tugas administratif seperti pembuatan surat, pengelolaan kepegawaian, pengelolaan keuangan, pengarsipan, dan pelaporan dilakukan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Pengelolaan pembangunan: Salah satu tugas utama Camat/Lurah/Kepala Desa adalah mengelola pembangunan di wilayahnya. Mereka harus melakukan perencanaan pembangunan yang berkelanjutan, mengoordinasikan program-program pembangunan, mengawasi pelaksanaan proyek-proyek pembangunan, dan memastikan alokasi anggaran yang efisien.
  3. Penanganan masalah masyarakat: Camat/Lurah/Kepala Desa berperan sebagai perwakilan pemerintah di tingkat desa atau kelurahan. Mereka harus siap mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat, seperti konflik antarwarga, masalah sosial, perizinan, dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Tugas Sekretaris Desa

  1. Penyelenggaraan administrasi: Sekretaris Desa bertanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugas administratif di tingkat desa. Mereka harus mampu mengelola arsip desa, membuat surat keputusan, mengelola keuangan desa, serta melaksanakan tugas-tugas terkait administrasi lainnya.
  2. Pendampingan Camat/Lurah/Kepala Desa: Sekretaris Desa merupakan pendamping utama bagi Camat/Lurah/Kepala Desa. Mereka harus mendukung tugas-tugas kepala desa, memberikan saran, dan membantu dalam pengelolaan administrasi serta pelaksanaan kebijakan di desa.
  3. Koordinasi dan komunikasi: Sekretaris Desa bertanggung jawab dalam menjaga koordinasi dan komunikasi yang baik antara pemerintah desa, instansi terkait, dan masyarakat. Mereka harus memastikan informasi yang diperlukan tersampaikan dengan baik dan berkoordinasi dengan baik dalam melaksanakan kegiatan di desa.

Kesimpulan

Bimtek/Diklat merupakan alat yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Camat/Lurah/Kepala Desa dan Sekretaris Desa dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Dengan peningkatan kinerja melalui Bimtek/Diklat, mereka dapat melaksanakan tugas-tugas administratif dan manajerial dengan lebih baik, memberikan pelayanan publik yang berkualitas, serta berkontribusi dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan.peningkatan kinerja dan tugas

Dalam Menigkatkan Pemahaman Akan Pentingnya Materi Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa Maka kami Pusdiklat Pemendagri Bersama Para Narasumber Yang Berkompeten Dibidangnya masing- Masing akan melaksanakan Kegiatan Bimtek/Diklat Pada:

JADWAL BIMTEK 2023

JULI
04 - 05 Juli 2023
11 - 12 Juli 2023
21 - 22 Juli 2023
25 - 26 Juli 2023
AGUSTUS
02 - 03 AGUSTUS 2023
10 - 11 AGUSTUS 2023
14 - 15 AGUSTUS 2023
24 - 25 AGUSTUS 2023
29 - 30 AGUSTUS 2023
SEPTEMBER
08 - 09 SEPTEMBER 2023
13 - 14 SEPTEMBER 2023
21 - 22 SEPTEMBER 2023
24 - 25 SEPTEMBER 2023
29 - 30 SEPTEMBER 2023
OKTOBER
02 - 03 OKTOBER 2023
10 - 11 OKTOBER 2023
20 - 21 OKTOBER 2023
25 - 26 OKTOBER 2023
NOVEMBER
02 - 03 NOVEMBER 2023
07 - 08 NOVEMBER 2023
14 - 15 NOVEMBER 2023
21 - 22 NOVEMBER 2023
29 - 30 NOVEMBER 2023
DESEMBER
07 - 08 DESEMBER 2023
13 - 14 DESEMBER 2023
20 - 21 DESEMBER 2023
28 - 29 DESEMBER 2023
Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar:

Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) Peserta Menginap
RP.3.500.000,- (Tiga juta lima ratus ribu rupiah) Tidak Menginap

Fasilitas yang di dapat peserta sebagai berikut:
1. Pelatihan selama 2 hari atau Materi di bahas sampai dengan Selesai
2. Peserta Menginap (Twin-Shering);
3. Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
4. Seminar Kit
5. Tas
6. Sertifikat Pelatihan/Bimtek

CATATAN :
- Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
- Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
- Untuk Peserta Group minimal 15 Peserta dapat Request Jadwal dan tempat
- Syarat & Ketentuan Berlaku

Konfirmasi Peserta :




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *